Total Tayangan Halaman

Jumat, 04 Mei 2012

Magna Carta

 - John I adalah raja inggris dari tahun 1199 sampai 1216. Dia adalah salah satu raja yang paling tidak populer dalam sejarah.
 - John dijuluki "Lackland" oleh ayahnya, Henry II, karena tidak seperti saudaranya yang lebih tua, Richard dan Geoffrey, dia tidak mendapat tanah warisan yang dapat memberinya pendapatan
 - John dibenci karena kekejamannya, karena dia menuntut pajak dari para baron dan kalangan militer, dan karena berusaha merebut tahta sementara saudaranya yang populer, Raja Richard "The Lion Heart", pergi dalam perang salib.
 - Pada 15 Juni 1215, para baron pemberontak memaksa John untuk bertemu di Runnymede, Thames. Dia setuju dengan tuntutan mereka dengan menyegel Magna Carta (Kesepakatan Agung).
 - Rakyat jelata hanya memperoleh sedikit keuntungan dari Magna Carta, tetapi hal itu sekarang dipandang sebagai Undang-undang Hak Asasi pertama di dunia dan awal mula terciptanya pemerintahan yang adil di Inggris.
- Magna Carta menunjukkan kepada masyarakat bahwa seorang raja pun harus taat pada hukum.
- Magna Carta berisi 63 klausa yang sebagian besar berhubungan dengan adat istiadat feodal.
- Klausa ke-39 memberikan hak kepada setiap manusia bebas untuk mendapatkan pengadilan yang adil. Klausa ke-40 memberikan kepada setiap orang hak untuk mendapatkan keadilan dengan segera.
-Beberapa bagian dari Magna Carta berkaitan dengan berat dan ukuran, perdagangan asing, dan penangkapan ikan.
-John berhasil membuat Paus membatalkan pengesahan dokumen tiga hari kemudian, tapi kesepakatan itu diterbitkan kembali pada 1225, setelah John meninggal.

SUMBER : Sejarah Dunia Untuk Anak Pintar Oleh : John Farndon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar