Total Tayangan Halaman

Minggu, 22 Januari 2012

Benua Putih, Kutub Selatan

Bila dibandingkan dengan kutub utara, yang berbentuk laut beku, Kutub Selatan adalah daratan beku. Kutub selatan berada di selatan garis 60 derajat Lintang selatan. Luasnya sekitar 1.400.000 km persegi, ini adalah benua terbesar no.5 dan lebih besar daripada Benua Australia. Kutub Selatan diselimuti salju setebal 2.160 m. oleh karena itu,  Kutub Selatan disebut juga benua Putih.
Kutub selatan dibelah secara melintang oleh pegunungan dan terbagi menjadi 2 daerah, Yaitu kawasan timur dan barat. Dua per tiga bagian daratan daerah timur kutub ditutupi oleh es yang berada di daratan, sedangkan bagian barat kutub, esnya terdapat di laut. Suhu rata-rata kutub selatan -23 derajat celcius sehingga kutub bukan tempat yang bisa ditempati oleh manusia, sedangkan suhu rata-rata tempat manusia dapat bertahan hidup adalah 15 derajat celcius.
Pada tanggal 21 Juli 1983 stasiun penelitian Vostock mencatat salah satu daratan tinggi yang ada di Rusia (3.480 m di atas permukaan laut) mempunyai suhu terendah di dunia yaitu -89,6 derajat Celcius. Apabila suhu -60 derajat Celcius saja, manusia membutuhkan mantel bulu alami seperti bulu kambing, bulu unta, bulu serigala, bulu beruang dan sebagainya. Mantel dari serat buatan manusia tidak bisa untuk menahan suhu dingin di tempat tersebut.

Sumber:Survival .9 ANTARCTIC. Oleh: Hong Jae Cheol & Ryu Gi-Un Mun Jung-Hoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar